Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta - Keraton Yogyakarta merupakan istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di Kota Yogyakarta.

Keraton ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana I pada tahun 1755 dan merupakan pecahan dari Keraton Surakarta Hadiningrat dari Mataram Islam Surakarta (Kerajaan Surakarta). Sehingga dinasti Mataram diteruskan oleh 2 Kerajaan yakni Kesultanan Yogyakarta dan Kesunanan Surakarta.

Keraton Yogyakarta menjadi salah satu ikon wisata bersejarah di Yogyakarta selain Candi Prambanan dan Tamansari. Keraton  ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan. kompleks keraton kini sebagian beralih fungsi sebagai museum benda-benda koleksi milik kesultanan. Keraton Yogyakarta masih menjaga warisan budaya seperti kegiatan upacara adat, nilai-nilai filosofi dan mitologi serta benda-benda kuno lainnya.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup murah mulai dari Rp10.000 – Rp25.000.

Domestik Dewasa Rp15.000,00
Domestik Anak Rp10.000,00
Mancanegara Dewasa Rp25.000,00
Mancanegara Anak Rp20.000,00

Jam Buka

Jam buka keraton Jogja Selasa - Minggu mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB. Kecuali pada hari Jum’at Keraton Jogja hanya buka sampai pukul 11.00 WIB.

Lokasi Keraton

Untuk menuju ke Keraton Jogja lokasinya terbilang cukup mudah di jangkau. Lokasi Keraton Jogja terletak di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fasilitas Keraton Yogyakarta

Fasilitas di Keraton Jogja sudah lumayan lengkap, pengelola menyediakan fasilitas : toilet, tempat parkir, pemandu wisata, toko cenderamata dan warung/ restoran.

Posting Komentar untuk "Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas Keraton Yogyakarta"