Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Candi Borobudur: Bukti Kemegahan Arsitektur yang Tak Ternilai Harganya

Candi Borobudur tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Candi Borobudur disebut juga candi dengan aliran Budha terbesar di Indonesia bahkan terbrsar pula didunia. Selain menjadi cagar budaya, candi Borobudur juga menjadi salah satu temat wisata populer yang menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Mengenal Candi Borobudur

Candi Borobudur seperti sudah menjadi tujuan wisata yang wajib bagi wisatawan di Jogja. Meskipun letak candi ini berada di Magelang, Candi Borobudur dapat di jangkau dengan waktu tempuh 1,5 jam saja dengan kendaraan pribadi maupun sewa kendaraan dari pusat Jogja.

Halaman Candi Borobudur memiliki lias 123 x 123 meter persegi dan terdiri dari 10 tingkat. Bangunan Candi tersusun dari balok batuan vulkanik yang diantaranya membentuk 504 arca, 72 stupa dan stupa induk pada puncaknya. Bangunan Candi Borobudur layaknya komleks yang tersusun dari lego raksasa, pasalnya balok-balok batuan yang tersusun pada candi tanpa menggunakan perekat ataupun semen.

Candi Borobudur juga disebut sebagai salah satu mahakarya terbesar manusia sepanjang sejarah. Susunan balok dan pahatan relifnya merupakan sebuah karya seni yang tak ternilai dan tak tertandingi harganya. Candi Borobudur menjadi bukti kemajuan peradaban manusia zaman dahulu dalam bidang arsitektur.

Rute ke Candi Borobudur

Jika Anda memulai keberangkatan dari kota Jogja, maka rute terbaik melalui Jl.Magelang. Melewati gerbang selamat jalan dari kota jogja dan flyover jombor. Jika telah melewati Kali Krasak yang memisahkan antara DI Yogyakarta dengan Jawa tengah berarti anda sudah separuh jalan. Persis di pertigaan tugu selamat datang Candi Borobudur, belok ke arah kiri menuju Jl. Raya Borobudur. Lalu anda tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju Candi.

Biaya Parkir candi Borobudur

Tempat parkir Candi Borobudur cukup luas dan banyak sekali pepohonan sebagai peneduh. Biaya parkir pada hari biasa di candi Borobudur berbeda dengan akhir pekan dan libur nasional. Berikut adalah biaya parkir yang telah kami update:

    Senin - Kamis
  • Mobil 10k
  • Bus 20k
    Jumat - Minggu dan libur nasional
  • Mobil 15k
  • Bus 25k

Jam Buka dan Tiket Masuk

Wisata Candi Borobudur buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Waktu terbaik mengunjungi candi borobudur kami sarankan datang pagi-pagi karena udara di area Candi masih segar. Sedangkan loket pembelian tiket buka pada pukul 06.30 hingga 16.30. Namun, jika anda tidak ingin melakukan antri, anda juga dapat memesan tiket melalui online.

Harga tiket masuk Candi Borobudur bervariasi sesuai dengan spesifikasi pengunjung diantaranya ialah dewasa 5ok, anak-anak (3-10) 25k, dan diskon 50% untuk rombongan pelajar/mahasiswa dengan syarat minimal 20 orang.

Aturan Berkunjung ke Candi Borobudur

Saat anda melakukan wisata ke Candi Borobudur, anda di wajibkan mengikuti aturan-aturan yang berlaku demi menjaga dan melestarikan wisata Candi Borobudur. berikut ini beberapa aturan yang ada di Candi Borobudur:

  • Menjaga tingkah laku saat berada di Candi Borobudur, pengunjung diperbolehkan berfoto namun tidak diperbolehkan berpose berlebihan dan tidak selayaknya seperti sambil menginjak area candi yang rentan atau area yang dimuliakan.
  • Tidak melakukan vandalisme, Candi Borobudur adalah bangunan bersejarah dan perlu dijaga serta dilestarikan bersama-sama tidak sepantasnya diperlakukan secara buruk.
  • Menghormati orang-orang yang sedang beribadah. pada hari-hari tertentu, candi borobudur digunakan untuk beribadah umat budha bersamaan dengan para pengunjung. Jika anda berjunjung ke Candi Borobudur dan bertepatan dengan diselenggarakannya prosesi peribadatan maka pastikan anda tidak melakukan hal-hal yang bersifat mengganggu.
  • Mengenakan pakaian yang sopan, Sebagai tempat yang dimuliakan oleh masyarakat Budha, sudah selayaknya ketika berkunjung ke sana mengenakan pakaian sopan.
  • Sejak pertengahan 2020, pengunjung sudah tidak diperbolehkan naik ke candi. Jadi, hanya bisa sampai pelataran/halaman candi. Ketentuan ini sedang dikaji ulang. Pada periode tertentu, kita bisa naik ke atas candi dengan didampingi pamong carita (tour guide).
  • Sejak Senin, 23 Januari 2023, pelataran Candi Borobudur dibuka setiap hari. Sebelumnya pelataran ditutup setiap hari Senin.
  • Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar.

Posting Komentar untuk "Candi Borobudur: Bukti Kemegahan Arsitektur yang Tak Ternilai Harganya"